15 Tips Promosi Online Ampuh yang Bisa Anda Lakukan di Tahun 2023

15 Tips Promosi Online Ampuh yang bisa Anda lakukan di 2022

Tahun baru pastinya banyak gol baru, terlebih untuk Anda yang punya bisnis dan punya banyak target yang harus dicapai di tahun 2023, apapun jenis bisnisnya hal yang terpenting adalah bagaimana supaya penjualan terus meningkat.

banyak cara dan trik yang bisa diterapkan, namun tidak semua bisa berhasil, setidaknya ada yang berhasil, walaupun tidak berhasil, anda bisa menggunakan cara lain atau memperbaiki dari cara yang sudah diterapkan

Berikut 15 tips promosi online ampuh yang bisa dicoba di tahun 2023:

1. Menggunakan Metode Diskon atau Potongan Harga

Sudah hal yang tidak asing ketika menerapkan cara ini, gunakan potongan harga pada produk Anda yang masuk akal tentunya,

Sebagai pembeli biasanya lebih cerdik untuk hitung hitungan soal diskon dan selisih harga, utamakan manfaat yang diperoleh pembeli dari Diskon yang anda terapkan

Terkecuali jika anda berani untuk diskon secara besar-besaran dengan tujuan menghabiskan barang, berikan diskon terbaik untuk produk Anda.

2. Menerapkan Gratis Ongkir

Promo yang satu ini memang sangat menggoda konsumen produk anda, namun Anda harus cermat menggunakan metode promosi ini, alih-alih ingin untuk jika anda tidak menentukan batas dan ketentuan gratis ongkir bisa bisa banyak beban yang keluar alhasil malah buntung.

Sebelum membuat promo ini sebaiknya anda menetapkan wilayah mana saja yang masuk kriteria promo gratis ongkir, dan tentukan juga batas pembelian, semakin berat produk yang ada kirim, ongkir akan semakin membengkak.

3. Mengadakan Flash Sale x Voucher

Udah nggak asing lagi sama Flash Sale, diskon dadakan bikin jantungan dengan harga gila-gilakan, penjelasan yang terlalu lebay, tapi yang namanya promosi sih harus menarik untuk konsumen Anda.

Untuk membuat promosi seperti ini, Anda harus menentukan produk dulu, jangan sampai salah menentukan produk yang akan anda Flash sale kan, supaya calon konsumen atau konsumen yang sudah pernah membeli produk Anda tidak berkomentar B-aja terhadap Flash sale yang anda buat.

Tentukan waktu yang spesifik dan tepat, sebar flash sale dimana konsumen anda sedang online bisa di jam makan siang atau sore dan malam hari ketika banyak waktu santai, waktu yang tepat mengadakan flash sale terbukti efektif dan tepat sasaran.

4. Beli 1 Gratis 1 atau Beli 2 Gratis 1

Bicara hal yang berbau gratis pasti banyak yang terbuat, konsumen Anda pasti terbelalak mata ketika melihat promo ini, beli 1 gratis 1 bisa terbukti efektif menghabiskan barang, sama halnya dengan diskon 50% sih namun, dikemas dengan cara berbeda

Beli 2 gratis 1 pun bisa anda terapkan, karena membuat konsumen anda berfikir beli produk ini lebih hemat, bisa juga anda membuat promo ini menjadi lebih menarik misalnya beli produk 2 gratis 1 produk baru, atau produk berbeda, terbukti lebih menggoda dan anda bisa menawarkan produk baru.

5. Memberikan Kejutan atau Hadiah

Memberikan kejutan ketika konsumen membeli produk Anda adalah hal yang luar biasa, dengan cara ini bisa menumbuhkan brand awareness dan loyalitas konsumen, konsumen akan merasa bahagia meskipun anda memberikan kejutan atau hadiah yang sederhana namun sangat berguna bagi konsumen anda

6. Mengadakan Giveaway

Membagikan produk secara gratis akan menarik minat pembeli, tentukan tujuan giveawaynya untuk apa, apakah untuk menambah follower sosial media, menambah interaksi konten di sosial media anda atau untuk meningkatkan brand awareness saja, biasanya calon pembeli akan tertarik terhadap giveaway anda kemudian mencari tahu secara detail produk apa yang Anda tawarkan.

7. Bagikan Sampel Produk dengan Syarat Memberikan Testimoni Produk

Jika brand anda memiliki banyak varian produk, salah satu strategi ini bisa anda terapkan, hitung-hitung biaya promosi, memberikan produk sampel dengan diberikan syarat ketentuan terbukti ampuh, anda bisa memberikan sample produk gratis kepada konsumen anda dengan syarat setelah produk diterima, konsumen anda memberikan testimoni produk, untuk kemudian hari testimoni tersebut anda promosikan lagi.

8. Bagi-bagi Voucher Belanja

Terdengar tidak asing memang, bagi-bagi voucher belanja, namun ada beberapa brand yang berhasil dan ada juga yang tidak berhasil dalam menerapkan voucher ini, tergantung sekreatif apa penyampaian voucher kepada konsumen serta seberapa untung voucher tersebut digunakan.

Voucher belanja digunakan untuk merangsang konsumen anda untuk beli lagi, tentukan voucher yang jelas, menguntungkan, mudah dipahami dan berbatas waktu, supaya konsumen bisa dengan segera menggunakan voucher tersebut.

9. Buat Promo di Hari Spesial

Apakah bisa menggunakan metode promosi ini?, promo ini bisa anda buat di hari spesial atau tanggal unik, misalnya saja : Promo Spesial Kemerdekaan, Promo 9.9, Promo 11.11 dst. Anda bisa menjadwalkan kapan saja sesuai dengan tanggal atau hari spesial yang kira-kira cocok dengan produk Anda, jika Anda lebih kreatif anda bisa mengkombinasikan beragam diskon dan voucher di Promo hari spesial ini.

10. Berkolaborasi dengan Brand lain

Terdengar sulit, namun promo berkolaborasi dengan brand lain saat ini menjadi trend loh, banyak brand sekarang berlomba-lomba untuk menciptakan produk kolaborasi dengan stok yang terbatas atau special edition, ditambah promosi yang dilakukan kedua belah pihak terbukti mendongkrak penjualan, karena kedua brand berbagi market.

11. Menggunakan Iklan Berbayar

Iklan berbayar bisa anda coba, namun sebelum dicoba sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu atau langsung sewa saja jasa iklan berbayar yang profesional, sehingga minim resiko dan tidak menghabiskan waktu anda, iklan berbayar yang dimaksud adalah berikan melalui instagram ads, google ads dan tiktok Ads, sesuaikan budget iklan dan optimalkan pemakaiannya, jangan sampai anda beriklan namun tidak menghasilkan closing/penjualan alias boncos, bijaklah dalam pengeluaran iklan berbayar.

12. Promosi dengan Ulasan Produk atau Review oleh Influencer

Pesatnya perkembangan gadget dan sosial media melahirkan banyak creator video maupun influencer, hal ini tentunya sangat menguntungkan karena masing-masing influencer memiliki follower yang sangat berguna untuk pemilik produk, Anda bisa menyewa influencer untuk mempromosikan produk Anda di sosial media mereka, tentunya dengan cara unik mereka berpromosi, namun yang harus diperhatikan adalah biaya dan kesesuaian follower influencer dengan produk anda, jangan sampai salah sewa influencer alhasil produk anda tidak laku.

13. Menggunakan Fitur Live Streaming di Aplikasi Sosmed

Sepintas seperti mudah, ada banyak pemilik usaha yang menggunakan cara ini, biasanya brand fashion atau brand skincare, dengan menggunakan fitur live streaming konsumen dimanjakan dengan pengalaman berbelanja secara realtime dan online, kemudian bisa belanja langsung saat itu juga, kegiatan pada live streaming biasanya berupa review produk, penawaran diskon dan giveaway.

14. Menggunakan Jasa Ulasan Bisnis/Content Placement di Situs Berita, Blog Pribadi

Apakah anda pernah membaca sebuah artikel di beberapa situs yang anda cari melalui google? 

Setelah anda membaca artikel secara keseluruhan kemudian penulis menawarkan produk ditengah maupun diakhir artikel yang mengajak anda untuk mengunjungi situs lain, hal tersebut berujung penawaran produk, jika pernah anda telah membaca artikel promosi atau content placement, yaitu konten yang diselingi promosi yang dipublikasikan di situs berita ataupun blog pribadi. cara ini bisa anda gunakan juga dan harga tergantung jasa penyedia content placement.

15. Membuat Konten Edukasi Seputar Produk atau Soft Selling

Semakin bertambahnya pengguna sosial media dan pengguna internet setiap harinya, hal ini mengubah kebiasan konsumen dalam membeli sebuah produk.

Mereka akan lebih teliti dan merinci sebuah brand atau produk sebelum memutuskan pembelian, melihat ulasan dan mengecek sosial media serta toko fisik jika ada.

Dengan demikian menawarkan produk secara langsung melalui postingan sosial media dirasa kurang efektif, Anda harus memberikan banyak manfaat atau value dulu terhadap calon pembeli, sehingga mereka jatuh cinta terhadap produk anda, dengan kata lain anda harus membuat banyak konten edukasi seputar produk , intinya berikan banyak manfaat sebelum mereka memutuskan pembelian.

Kesimpulan

Dari beragam 15 tips promosi Online yang dibahas di atas, bisa anda gunakan untuk meningkatkan penjualan produk Anda, cara manakan yang lebih efektif? tentunya bisa anda praktekkan masing-masing cara diatas, hal yang terpenting adalah setelah anda membaca semua tips di atas anda langsung mempraktekannya sekarang juga, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

1 Komentar untuk "15 Tips Promosi Online Ampuh yang Bisa Anda Lakukan di Tahun 2023"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel - feed

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel