Fungsi dan Bahaya Penggunaan Aplikasi VPN

Fungsi dan Bahaya Penggunaan Aplikasi VPN

Virtual Private Network atau VPN merupakan sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengakses situs secara pribadi melalui server jaringan lain. 

Sehingga, jika menggunakan VPN, seseorang bisa seperti terkoneksi secara virtual dan privat, walaupun sebenarnya itu jaringan terbuka alias milik publik. 

Mudahnya, VPN bisa menghubungkan PC atau gawai Anda dengan sebuah server di Internet. Jadi, Anda bisa mengakses situs yang diblokir karena seolah-olah berasal dari negara lain.

VPN sekarang ini bisa dipakai di PC atau smartphone. Jika dulu harus menggunakan ekstensi untuk memakai VPN, sekarang tidak membutuhkan ekstensi. Ada beberapa browser yang sudah terinstal VPN secara otomatis seperti misalnya Opera. 

VPN memiliki fungsi dan manfaat yang seharusnya bisa menjadi hal positif. Yang pertama adalah berfungsi untuk mengacak data melalui metode enkripsi. 

Jadi, walaupun ada orang-orang yang bisa menyadap data tersebut, mereka belum tentu bisa membacanya. 

Biasanya VPN dipakai perusahaan-perusahaan yang memang memiliki lalu lintas data yang sangat rahasia dan penting.

Kadangkala, VPN juga bisa membuka situs yang diblokir oleh pemerintah. Ada banyak situs yang diblokir oleh pemerintah. Seperti misalnya Netflix dan beberapa situs tak lulus sensor lainnya. 

Dengan memakai perangkat ini pengguna bisa membuka situs yang diblokir tersebut. 

Hal itu bisa terjadi karena alamat IP yang dipakai bukan dari Negara Indonesia. Dan peraturan internet Indonesia tidak berlaku ketika menggunakan alamat IP dari negara lain.

Meskipun data internet acak, VPN tetap bisa mengautentikasi sumber pengirim data. Fungsi ini berguna untuk memastikan dan memverifikasi data yang masuk memang dari pengirim dan tidak diintervensi oleh pihak lain. Fungsi ini juga berguna untuk mencegah virus atau malware. 

Dan dilihat dari keamanan pribadi, VPN bersifat private, jaringannya pribadi. Jaringan yang bersifat pribadi ini cocok untuk perusahaan besar dan perusahaan perbankan. Data yang mereka informasikan satu sama lain adalah data penting. Jadi dibutuhkan koneksi yang pribadi dan tidak bisa dimasuki oleh orang lain seperti koneksi publik.

Fungsi yang tidak kalah penting adalah VPN bisa meningkatkan kecepatan internet dan download. Karena VPN merupakan jaringan pribadi. Tidak ada orang lain sehingga kecepatannya semakin bertambah dan meminimalisir gangguan koneksi. 

Namun hal itu biasanya bisa didapatkan dengan penggunaan VPN berbayar atau di VPN yang tersedia di kantor-kantor perbankan yang memang sifat jaringannya pribadi.

Namun, terdapat bahaya jika menggunakan VPN gratis. Oleh karena itu lebih disarankan untuk menggunakan VPN berbayar daripada VPN gratis. 

Karena VPN gratis bisa menimbulkan bahaya seperti bisa mengandung malware terutama VPN yang gratis dalam iklan yang mereka sematkan, berbanding terbalik dengan VPN Premium yang sudah menyediakan Adblocker, perlindungan malware dan bandwidth yang tak terbatas, dapat melacak aktivitas online sehingga pengiklan dapat menargetkan dengan iklan yang lebih baik, membatasi jumlah data yang digunakan, pembajakan, memperlambat koneksi internet, memberimu banyak iklan, dan bisa terjadi penyadapan data perbankan.

Selain itu, VPN gratis bisa mengurangi kecepatan koneksi internet hingga 25%, aktivitas internet bisa dilacak dan diintip oleh pihak lain yang tidak jarang pula para pelacak akan mengambil keuntungan dengan menjual data-data pribadi seseorang, pembobolan keamanan dengan penyusupan virus dan malware, dan sebagainya. 

Untuk itu perlu dipikirkan baik-baik dan menggunakan VPN yang terpilih jika ingin menggunakan VPN. jika memang tidak benar-benar perlu menggunakannya, sebaiknya Anda menghindari VPN ini. Sehingga bisa terbebas dari bahaya penggunaan VPN.


Belum ada Komentar untuk "Fungsi dan Bahaya Penggunaan Aplikasi VPN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel - feed

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel