Tips Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dalam Bisnis Online

Tips Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dalam Bisnis Online

Bukan rahasia lagi jika bisnis online saat ini sudah banyak dilakukan oleh pelaku bisnis. Pasalnya, di zaman milenial ini banyak hal sudah bisa dilakukan secara instan. Misalkan, jika seseorang membutuhkan kebutuhan bulanan, saat ini sudah bisa mendapatkannya secara online tanpa harus datang jauh-jauh ke toko.

Namun ada kalanya sebagai konsumen, pasti pernah terbesit keraguan ketika akan melakukan transaksi online. Keraguan tersebut adalah seperti takut jika barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan ekspektasi yang dibayangkan, takut akan penipuan, dan sebagainya. 

Hal itu dikarenakan selain banyak bisnis online yang terpercaya, banyak pula bentuk ketidakjujuran dari orang-orang jahil yang membuat konsumen ragu untuk berbelanja online. 

Faktanya, mendapatkan hingga meningkatkan kepercayaan pelanggan bukan sesuatu yang bisa diraih secara instan. Kepercayaan dari pelanggan memang memegang poin serta peranan penting dalam bisnis online. Terutama dengan banyaknya isu “penipu”, “scam,” dan beragam bentuk ketidakjujuran lain dalam dunia bisnis online. Yang pada akhirnya menjadikan pelanggan pun enggan untuk mulai berbelanja atau menggunakan jasa dari internet bisnis.

Sebaliknya, jika pelanggan sudah memiliki kepercayaan pada bisnis online tersebut, maka pelanggan tersebut akan otomatis loyal dan melakukan transaksi dengan toko online tersebut tanpa berpikir dua kali, bahkan tidak ragu untuk mengulang transaksi. Dan ini, yang menjadi salah satu hal penting dari mendapatkan dan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan.

Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam bisnis online yang dijalani, baik bisnis tersebut melalui website, instagram, ataupun e-commerce.

1. Memperhatikan produk yang dijual

Sebelum mendapatkan kepercayaan pelanggan, hal pertama yang harus dilakukan dalam bisnis online adalah pastikan barang yang dijual sesuai dengan deskripsi. Dan berikan deskripsi sejujur mungkin seperti keaslian, kualitas, bahan, warna, dan sebagainya. Tidak akan menjadi masalah jika menjual barang KW, namun harus memberikan keterangan jelas bahwa barang tersebut bukan asli. 

3. Buat sistem pembelian yang mudah dan jelas

Ketika sistem atau proses belanja lama dan rumit, hal itu membuat jengkel pelanggan. Sistem yang rumit akan membuat pelanggan enggan untuk melakukan transaksi, yang tentunya akan membuat pelanggan kehilangan kepercayaan dan rasa loyal. 

Bisa jadi pelanggan akan melakukan transaksi di toko lain yang sistem pembayarannya lebih mudah. Sehingga tuliskan dengan lengkap langkah-langkah pemesanan hingga pembayaran. Sehingga hal tersebut bisa memberikan kemudahan kepada pelanggan karena dibantu dengan langkah-langkah tersebut.

3. Berikan foto dengan kualitas terbaik

Kualitas foto akan memberikan kesan bagi bisnis online tersebut. Foto yang bagus dengan kesan “niat” sudah menjadi nilai plus dalam suatu bisnis online. Sehingga sebisa mungkin berikan  foto yang bukan hanya menunjukan fitur dari barang yang dijual. 

Namun juga kegunaan dari barang tersebut. Perhatikan pula, foto seharusnya memiliki kecerahan yang tepat, detail, dan ukuran yang tak terlalu kecil. Tidak ada salahnya mengambil foto langsung dari barang yang akan dijual. Namun menggunakan foto dari website resmi produk pun dibenarkan.

4. Lakukan promosi yang tepat

Saat ini ada banyak sekali jenis promosi yang bisa dilakukan. Mulai dari memanfaatkan media-media yang ada seperti memanfaatkan media sosial Facebook, Instagram, Channel Youtube hingga memasang beberapa iklan pada Website. 

Namun untuk saat ini promosi yang banyak digunakan oleh pebisnis online adalah endorsement. Cara ini merupakan cara paling mudah dan tepat dalam melakukan promosi. Dan salah satu promosi yang ngetren saat ini adalah melalui endorsement. 

Dengan endorsement, kamu akan mendapatkan promosi dan pelanggan potensial dari followers dari pihak jasa endorse tersebut. Dan hal itu pastinya akan mendatangkan pelanggan-pelanggan baru dan tentunya juga kepercayaan dari mereka.

Belum ada Komentar untuk "Tips Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dalam Bisnis Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel - feed

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel