Belajar Copywriting untuk Pemula Yuk! Dijamin Mudah

Belajar Copywriting untuk Pemula Yuk! Dijamin Mudah

Kamalismadi.com Anda tentunya sering membaca konten di sosial media seperti instagram, kemudian membaca isi dari captionnya, Misalnya ketika melihat iklan facebook atau instagram, dengan captionnya yang membuat penasaran maka Anda tergiur dengan tawaran iklan tersebut akhirnya Anda membeli juga. 

Jika hal tersebut Anda sering melakukannya, Artinya Anda sudah tergiur dengan kata-kata Copywriting. 

Apa sih copywriting itu?,Mari kita bahas copywriting untuk pemula dengan mudah pada artikel berikut ini.

Copywriting bukan hanya sekedar tulisan pada konten saja, 

Membuat tulisan yang bisa menghipnotis pembaca harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta mudah dipahami, tentunya disesuaikan dengan calon pelanggan kita

Maksud dari tulisan yang menghipnotis pembaca disini bukan seperti tulisan artikel biasa, banyak teknik berbeda yang diterapkan dalam tulisan copywriting.

Penjelasan Copywriting

Copywriting adalah teknis penulisan sebuah konten yang tujuannya untuk mendapatkan respon tindakan dari pembaca.

Jika diartikan perkata, copy berarti penulisan untuk tujuan pemasaran dalam berbagai media, banyak kita temui pada caption instagram, iklan instagram, website, landingpage dan platform lainnya.

Maka copywriting yaitu teknik penulisan untuk tujuan pemasaran yang mengajak pembaca untuk melakukan respon atau tindakan, tindakan disini bisa berupa pembelian terhadap produk, atau melakukan tindakan lain tergantung tujuan.

Sebutan untuk orang yang suka menulis copywriting adalah copywriter.

Contoh Copywriting

Saatnya memaparkan beberapa contoh dibawah ini supaya lebih memudahkan pemahaman, dengan menggunakan copywriting, produk yang sama akan terlihat berbeda dan Anda bisa tentukan mana yang lebih menarik.

Tanpa Copywriting

  • Dijual obat penggemuk bisa membuat berat badan naik
  • Obat pemutih kulit dalam 1 bulan
  • Telah dibuka pendaftaran beasiswa PTN

Dengan Copywriting

  • Solusi buat Anda yang ingin menambah berat badan, Aman, terjamin dan dibuat dari bahan herbal!
  • Ingin tampil cantik dan kulit putih dengan cara yang terbukti Ampuh dan tanpa bahan kimia?
  • Peluang masuk PTN Favorit didepan mata, apalagi dengan beasiswa pula, Daftar sekarang juga ya!

Belajar Copywriting dengan Mudah

Pengenalan produk merupakan kunci penting sebelum membuat copywriting, karena dengan memahami produk secara menyeluruh, kita akan semakin mudah ketika menulis copywriting


Pelajari kelebihan dan kekurangan dari produk, kemudian tentukan poin penting apa saja dari produk yang akan kita buat copywritingnya, misalnya poin penting keunggulan produk yang tidak dimiliki pesaing.

Buat list poin penting tersebut menjadi produk knowledge supaya lebih mudah dan simple dipahami, contohnya:

  • Informasi produk
  • Kandungan/komposisi produk
  • Desain produk
  • Proses pembuatan
  • Harga
  • Cara penggunaan
  • Manfaat dan keuntungan
  • Keunikan produk

Riset yang dibutuhkan konsumen

Copywriting yang Anda buat akan ditujukan kepada konsumen, dengan demikian Anda harus memahami apa saja yang dibutuhkan konsumen ketika produk ditawarkan, riset kebutuhan konsumen serinci mungkin sehingga copywriting yang kita buat tepat sasaran dan kena.

Kebutuhan konsumen ini bisa Anda dapatkan melalui riset dan survey, jangan mengada-ada ya, Anda perlu data valid apa saja yang dibutuhkan konsumen supaya copywriting Anda bagus dan menarik.

Setelah riset selesai data yang Anda dapatkan bisa dijadikan acuan untuk membuat copywriting.

Gunakan Headline yang Menarik 

Headline bisa kita temukan diberbagai media, baik itu sosial media, video maupun email, Headline yang menarik akan membuat orang tertarik untuk membaca, tak jarang berita online sekarang banyak menggunakan headline yang nyeleneh dan viral untuk memikat pembaca supaya rasa penasarannya muncul.

Dalam penulisan copywriting pun sama, headline yang menarik akan memikat pembaca dan semakin penasaran terhadap produk yang kita tawarkan.

Membuat headline tidak perlu panjang atau bertele-tele, cukup dengan penyampaian yang mudah dimengerti dan menarik, sehingga orang mau baca dan melihat lebih lanjut.

Berikut ada beberapa tips untuk membuat headline yang menarik :

Gunakan data dan Angka yang valid

Maksudnya orang akan lebih percaya dan tertarik jika kita menyematkan data pada headline, pembaca akan mengira Anda cukup profesional sampai sedetail itu menggunakan data, ini akan menambah trust di awal, sehingga ketika membaca isi copywriting pembaca merasa aman dan informasi bisa dipertanggungjawabkan.

Sebutkan Masalah dan Berikan Solusi

Banyak orang membuat headline  dengan kata-kata yang rumit dan sulit dipahami, padahal pembaca cukup diedukasi dengan masalah dan berikan solusi terbaik melalui copywriting yang kita buat, sehingga pembaca menemukan ketertarikan kepada produk karena bisa menjadi solusi dari masalah mereka.

Gunakan CTA atau Call to Action

Headline yang mengajak atau pesan untuk mengambil tindakan sangat penting dalam sebuat headline, karena orang saat ini diberikan banyak informasi setiap detiknya.

Penggunaan CTA pada headline berpotensi untuk mempercepat terjadinya closing, tentunya ini harus digabungkan dengan kata-kata pendukung seperti urgensi, limited stock atau sesuatu yang terbatas berjangka waktu sehingga pembaca ingin cepat melakukan tindakan.

Buat Copywriting yang Berkualitas

Yang terpenting sebelum membuat Copywriting berkualitas, Anda tau dulu dengan siapa Anda berbicara dan menyampaikan copywriting tersebut, karena ini berpengaruh terhadap konversi dan tindakan

Misalnya saja copywriting untuk menjual mobil, maka bahasa yang digunakan disesuaikan dengan orang yang suka dengan otomotif, istilah otomotif pun harus melekat dalam penulisan copywriting

Sehingga mereka nyaman dan menikmati setiap isi copywriting yang kita tulis, ini tentunya akan berefek terhadap kepercayaan dan tindakan pembaca.

Selalu di akhiri dengan CTA atau Call to Action

Setiap pembuatan copywriting, tentunya tidak boleh luput dari bagian yang satu ini yaitu CTA, atau ajakan tindakan, kalimat-kalimat ajakan adalah juru kunci dari setiap copywriting, sehebat apa ada bisa mengajak orang mau beli dan mau melakukan tindakan, tentunya dengan banyak teknik penyampaian seperti, Beli Sekarang, Selengkapnya, Ambil Promo ini Sekarang, dan kalimat ajakan lainnya yang  mampu menghipnotis pembaca atau konsumen.

Kesimpulan

Berikut adalah kesimpulan materi belajar copywriting untuk pemula dengan mudah, ada beberapa langkah tentunya yang harus dilakukan sebelum membuat copywriting, yaitu mempelajari produk secara menyeluruh, meriset kebutuhan konsumen, membuat headline yang menarik dengan kata kata yang berkualitas dan terakhir Gunakan CTA atau kalimat tindakan yang mengundang pembaca atau konsumen mau membeli produk kita.

Semoga Artikel ini bermanfaat,Terima Kasih

Belum ada Komentar untuk "Belajar Copywriting untuk Pemula Yuk! Dijamin Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel - feed

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel